Tips Hindari REM OverHeat Saat riding di Lintasan Turunan yang panjang

Diposting pada

OtoBeken –  Memang sudah ribuan kali kejadian yang sangat berbahaya ini, namun lazim seringkali terjadi di pengendara sekitar kita. Yakni Salah satu masalah yang kerap muncul ketika mengemudikan kendaraan di medan jalan yang penuh tanjakan dan turunan adalah sistem pengereman. Penggunaan rem di turunan yang sering dilakukan bisa jadi penyebab rem cakram overheat. Alhasil, dapat mengurangi performa sistem pengereman dan bisa mengakibatkan kecelakaan saat pengendara tidak mampu mengendalikannya.

Pada dasarnya, kondisi seperti ini bisa diantisipasi oleh si pengendara. Salah satunya adalah dengan melakukan service rutin di bengkel resmi. Tentunya dengan tujuan performa kendaraan bisa tetap terjaga dan menghindari kerusakan-kerusakan seperti ini, Selain itu, gunakan rem secara bergantian agar rem tidak panas dan setidaknya berikan jeda untuk melakukan pendinginan pada rem. ” ungkap Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

 

Ada beberapa tips yang dapat diterapkan oleh pengendara sebelum mengendarai kendaraan, Guna mencegah kecelakaan akibat sistem pengereman overheat adalah sebagai berikut :

  • Pertama, pastikan kondisi minyak rem dalam keadaan yang baik. Adanya udara pada sirkulasi minyak rem akan membuat tekanan minyak rem menurun walau kita sudah menekan tuas rem secara maksimal yang berakibat pengereman kurang maksimal.
  • Selanjutnya, perhatikan penggantian minyak rem. Setidaknya, lakukan penggantian minyak rem setiap 2 tahun sekali atau setidaknya mencapai jarak 24.000 km. Walaupun memakan waktu penggunaan yang lama, ada baiknya pengendara rutin melakukan pengecekan secara visual dari segi kualitas dan kuantitas minyak rem.
  • Pastikan kondisi kaliper dalam keadaan yang bersih. Sebab, kaliper memiliki peranan yang penting dalam aspek keamanan dan kenyamanan ketika kendaraan. Karena itu, pengendara perlu memperhatikan perawatan kaliper rem agar sistem pengereman dapat bekerja dengan optimal.
  • Periksa kondisi kampas rem secara berkala. Apabila kampas rem sudah aus, segera ganti dengan yang baru. Kondisi kampas rem dapat dideteksi dengan beberapa cara seperti melalui suara. Jika pada saat pengereman mengeluarkan suara, tandanya sudah saatnya mengganti kampas rem motor yang baru.

Nah itulah tipsnya, agar Kawan-kawan meminimalisir kejadian yang sangat berbahaya ini. Karena kejadian ini bisa dibilang sangat tiba-tiba, jadi kalau belum memiliki skill dan juga jiwa yang tenang. So pastinya akan sangat panik, jika sedang mengalami hal itu. Semoga bermanfaat yes, Thanks :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *