Jangan amplas Busi motor, begini penjelasan Yamaha STSJ

Diposting pada

OtoBeken – Memang beberapa kebiasaan yang dianggap benar terkadang malah salah, begitu juga seperti halnya membersihkan busi dengan amplas. Memang Membersihkan busi menjadi salah satu langkah yang dilakukan oleh pemilik kendaraan ketika mengetahui busi dalam keadaan kotor. Kondisi busi yang kotor bisa mempengaruhi performa mesin. Maka dari itu, pemilik kendaraan biasanya mengambil langkah untuk melepas busi dan membersihkannya sendiri. Namun, ternyata masih banyak pengendara yang memilih untuk membersihkan busi menggunakan amplas.

Bahwa membersihkan busi menggunakan amplas bukanlah hal yang direkomendasikan oleh Yamaha. Sebab, amplas memiliki tekstur yang kasar sehingga dapat mengikis busi itu sendiri, Nanti bisa menciptakan percikan api yang akhirnya menganggur pembakaran pada kendaraan. Maka dari itu jangan sekali-kali mencoba cara ini, karena dapat merugikan pengendara dikemudian hari. ” ungkap Ilham Wahyudi, selaku GM Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ)

Mengamplas busi ternyata bukan solusi untuk mengembalikannya ke performa maksimal. Kegiatan ini hanya akan mengikisΒ  lapisan elektroda. Sedangkan Elektroda yang terkikis menyebabkan jarak elektroda semakin lebar dan akan menciptakan kendala pada pembakaran di ruang bakar ketika mesin menyala.

Busi bukan komponen yang bisa dirawat secara terus menerus, oleh karena itu Jika busi sudah tidak dalam kondisi yang optimal, segera lakukan pergantian. Jika tidak diganti, lama kelamaan akan membuat tarikan motor semakin berat dan kendaraan jadi lebih boros bahan bakar. Cukup membersihkan busi dengan menggunakan kain lap. Thanks πŸ˜€

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!