Begini cara Berkendara Cari_aman Saat Liburan Akhir Tahun di Malang

Diposting pada

OtoBeken –  Memang tidak terasa sudah mendekati akhir tahun 2023, artinya pasti banyak acara liburan di berbagai kalangan. Baik yang masih bekerja dan juga yang masih sekolah, maka dari itu Memastikan keamanan saat berkendara sepeda motor saat libur akhir tahun sangatlah penting untuk mencegah risiko kecelakaan dan memastikan perjalanan yang nyaman. Seperti liburan di Kota Malang yang setiap liburan selalu di padati oleh wisatawan baik dai dalam kota maupun luar kota.

Sebelum berkendara jarak jauh pastikan untuk memperhatikan hal – hal yang menunjang keselamatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta agar selalu cari_AMAN saat berkendara. ” kata Mizidianto, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

Untuk itu, ada baiknya selalu #Cari_aman saat berkendara, agar kegiatan liburan menjadi nyaman. Berikut yang perlu diperhatikan saat berkendara.

Pertama-tama, pastikan sepeda motor dalam kondisi baik sebelum melakukan perjalanan untuk liburan. Periksa rem, lampu, ban, dan segala komponen lainnya untuk memastikan kinerjanya optimal. Selain itu, pastikan membawa dokumen berkendara seperti SIM dan STNK, masih berlaku dan lengkap.

Kedua, pilihlah rute perjalanan yang aman dan terjamin. Hindari jalur yang rawan kecelakaan atau lalu lintas yang padat. Manfaatkan aplikasi navigasi atau peta untuk merencanakan perjalanan dan carilah alternatif jika terjadi kemacetan atau keadaan darurat.

Ketiga, gunakan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan , sepatu dan celana panjang. Perhatikan kondisi cuaca sebelum melakukan perjalanan seperti kondisi saat ini yang memasuki musim hujan dengan mempersiapkan jas hujan.

Selanjutnya, patuhi aturan lalu lintas dan jaga kecepatan berkendara. Hindari mengendarai sepeda motor dengan kecepatan yang berlebihan, terutama di jalur yang tidak dikenal atau berliku. Selalu utamakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Terakhir, istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh. Kelelahan dapat mengurangi tingkat kewaspadaan dan meningkatkan risiko kecelakaan. Pastikan beristirahat dengan cukup sebelum memulai perjalanan panjang dan lakukan istirahat singkat setiap dua jam untuk merilekskan otot dan menjaga fokus Anda. Thanks 😀

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!