Honda CBR 150 R suara rantainya kasar, mirip Honda Tiger tempoe doloe (Suara konsumen)

Bukan maksud untuk BC (Black Campaign), ini justru memberikan informasi yang layak disimak. Jangan cuma membaca judulnya saja, tapi baca sampai habis artikelnya. Karena ini curhatan sang pemiliki Honda CBR150R, yang kebetulan memiliki keluhan suara rantai motornya berisik (a.k.a kasar). Kalau dia bilang katanya mirip zamanya Honda Tiger tempoe doloe, meskipun dulu PB pernah juga test ride Honda CBR150R (artikel disini) namun kala itu tidak mengalami suara ini. Ada kemungkinan memang yang dipakai test ride waktu itu benar-benar unit motor baru, so gejalanya belum keluar.

PB sempat nanya, apa gak rajin dilumasi?? Pemilik bilang katanya selalu rajin dilumasi dengan “chain lube” namun katanya memang sepertinya karakternya begitu. Misalnya pagi berangkat kerja dikasih pelumnas, lalu dijalan kehujanan dikit begitu. Suara kasar cepat sekali muncul kembali, nah…begitulah kronologinya.

Jika ada kemungkina pemilik Honda CBR 150 R mengalami kejadian hal yang sama, ada baiknya melakukan tips dibawah ini. Namun jika merasa baik-baik saja, silahkan abaikan tipsnya ini. Lagi-lagi datang tipsnya dari “Bisikan suara burung Malam” simple sekali tipsnya, sebagai berikut:

Ganti saja rantainya dengan rantai miliknya Suzuki RGR 150, atau juga dengan Suzuki SatriaΒ FU. Karena jarak sumbu roda belakang, atau jarak gir depan – belakang. Mirip atau sama dengan Suzuki RGR dan Suzuki Satria FU, hanya rantainya saja. So tidak perlu mengganti gir set, kemungkinan harga dilapangan untuk rantai saja merk indopart sekitar Rp.70.000,-an.

Begitulah tipsnya, jika memang ada kendala dengan suara rantai yang kasar seperti pemilik Honda CBR 150 R ini. Bisa saja mencoba tips sederhana ini, namun jika tidak ada keluhan tersebut ya boleh abaikan saja. Thanks, semoga menginformasi πŸ˜€

70 Komentar

  1. Ngak perlu ganti rantai, tinggal ke ACE HArdWare cari chain lube Merek MOTUL, langsung hilang tuch suara, kalau merek G-zoz kurang, sekedar share pengalaman pribadi dengan my old CBR

  2. ini kan fitur andalan oonda termuktakhir yg sdh dipatenkan,kok di permasalahkan,knp beli oonda kl ngdumel dgn fitur mutakhirnya

  3. suara berisik bukan berasal dari rantai, tapi dari gear belakang yang ada pelindung rantai..ganti gear belakang yang polosan pasti sembuh tuh penyakit..

  4. banyak yang senasip kaya nya , Kirain cuma gua yang ngalamin hal begitu .. ternyata emng seperti ini .. solusi untuk ganti rantai nya Satria FU apakah sudah di coba dan ternyata berhasil ?

    • CBR Thailand ukuranya sama persis dengan CBR lokal,ndak mas?? Kalau ukuranya persis, berarti ya sama bisanya πŸ˜‰

  5. Makasih ya atas tips nya, emang serajin apapun saya melumasi rantai CBR 150 R saya tetap saja berisik

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!