Pentingnya merawat Busi di musim hujan, begini penjelasanya detail

Diposting pada

OtoBeken – Memang musim hujan sudah melanda di sebagian area +62, tak ayalnya kota Pahlawan sudah 2 hari ini di guyur hujan. Menjaga dan merawat komponen busi merupakan salah satu cara untuk menjaga ruang bakar mesin tetap bekerja dengan optimal. Pada dasarnya busi merupakan pusat tenaga kerja yang cara kerjanya adalah dengan memantikan api listrik selama proses pembakaran pada mesin motor. Proses pembakaran tersebut lama kelamaan akan menghasilkan kerak pada busi, terutama di musim penghujan. Berbagai cara dapat dilakukan guna menjaga kondisi busi agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

β€œ Memasuki musim hujan ini memang kita sebagai pengendara sepeda motor harus memperhatikan perawatan kendaraan lebih ekstra. Salah satunya adalah merawat busi yang merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan. Hal ini tentu berguna untuk mencegah potensi permasalahan yang berkaitan dengan pengapian atau pembakaran,” ungkap Bpk. Ilham Wahyudi, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Adapun langkah yang dapat dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor agar kondisi busi tetap terawat di musim hujan adalah dengan tidak menggosok kepala busi menggunakan amplas. Karena amplas memiliki sifat yang abrasif dan busi juga memiliki sifat abrasif. Sehingga jika kedua permukaan tersebut bertemu, dapat mengikis lapisan elektroda pada kepala busi. Cukup bersihkan menggunakan sikat gigi atau disemprot dengan angin untuk membersihkan kotoran atau kerak yang menempel pada komponen busi.

Hindari merendam busi menggunakan cairan seperti minyak atau bensin. Sebab, dapat membuat kotoran dan debu menempel pada kepala busi. Selain itu, pengecekan dan penyetelan celah busi sesuai ukuran standar, cara ini dianggap lebih efektif. Konsumen juga bisa melakukan test pengapian pada kendaraan. Apa bila warna api yang keluar adalah warna biru, busi masih dalam kondisi dan performa yang baik.

Rutin untuk mengganti busi pada kendaraan secara berkala merupakan hal yang direkomendasikan oleh Yamaha. Konsumen disarankan untuk mengganti busi sesuai dengan buku pedoman sepeda motor atau setiap 8.000 – 12.000 km atau 7-12 bulan. Hal ini tentu berguna untuk menjaga performa dan kondisi mesin tetap optimal walaupun dimusim hujan.

Segera kunjungi bengkel resmi Yamaha untuk melakukan perawatan pada kendaraan anda. Teknisi handal Yamaha yang sigap akan membantu konsumen untuk melakukan perawatan pada kendaraan menggunakan komponen yang dijamin keASLIannya. Thanks πŸ˜€

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!