Berkunjung ke Plant 3 PT. AHM – Cikarang

Inilah acara inti dari yang PB telah ceritakan dalam artikel disini, mendapatkan kesempatan emas. Untuk bisa berkunjung di Plant 3 PT. AHM – Cikarang, yang merupakan pabrik perakitan Motor Honda khusus serie matic. Disini para tamu akan bisa menyasikan secara langsung bagaimana alur dari perakitan motor Honda, yang dimulai dari nol. Namun di Pabrik ini sepertinya sudah di setting memang untuk menyiapkan jikalau ada kunjungan dari pihak luar, karena sudah disediakan lantai diatas ketinggian ± 5 meter dari lantai produksi langsung. Sehingga para pengunjung tidak mengganggu para karyawan sedang bekerja dengan teknologi yang tinggi tersebut.

Photo di Lobby PT. AHM plant 3 – Cikarang
Photo di Lobby PT. AHM plant 3 – Cikarang

Sudah menjadi ketentuan setiap perusahaan, untuk tidak boleh menggunakan camera/semacamnya di dalam area produksi. Mungkin itu adalah salah satu untuk mengamankan kerahasiaan sebuah perusahaan, jadi PB selama di dalam tidak bisa mengabadikan suasana di dalam sedikitpun. Walau camera ditenteng terus, namun sudah menjadi peraturan. Jadi mohon maaf, jikalau tidak bisa berbagi bagaimana situasi dalam pabrik perakitan tersebut. Yang mana mampu menghasilkan motor 6 unit dalam kurun waktu ± 1 menit saja.

Sesi tanya Jawab, dan penyerahan souvenir dari PT. MPM kepada PT. AHM.
Sesi tanya Jawab, dan penyerahan souvenir dari PT. MPM kepada PT. AHM.

page-11

Kesempatan ini sangat berarti baget bagi PB, gimana tidak? Selama ini hanya bisa menyasikan bongkar pasang sebuah motor hanya dalam taraf bengkel saja, namun kini bisa menyasikan secara langsung bagaimana motor itu dibangun dari NOL. Mulai dari pretelan, dan bahkan masih berbentuk bongkahan material mentah.

Narsis di Lobby PT. AHM – Plant 3 Cikarang
Narsis di Lobby PT. AHM – Plant 3 Cikarang

Sebetulnya PT. AHM memiliki 4plant, namun karena tempatnya yang berjauhan dan sangat terikat oleh waktu pesawat untuk kembali ke Surabaya. Jadi tidak bisa mampir berkunjung ke plant 1,2, dan 4. PB berharap semoga kedepannya ada kegiatan lagi untuk menghampiri plant-plant PT. AHM yang lain. Apalagi untuk yang sportnya, kalau ini kan hanya memang khusus untuk merakit matic serie. Seperti Serie Beat, Scoopy, Vario ada di Plant 3 ini tempatnya merakit.

oleh-olehnya
Selain dapat pengalaman, lumayan mendapat Jacket Respiro serie R1. Hehehe, dan 2 topi keren 😀

PB ucapkan terimakasih kepada PT. MPM, PT. AHM, PT. SHOWA INDONESIA yang telah bersedia memberikan kesempatan kepada PB untuk singgah ke tempat penting yang tentunya tak sembarangan orang bisa masuk kesana. Kecuali ada izin-izin khusus, heheh… 😀 Semoga kedepannya ada lagi, kegiaatan semacam ini. Amin!! 😆 😳

22 Comments

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!