Noken AS, Bikin klotok-klotok

Semalam PB susah tidur, dan akhirnya berdiam diri di depan laptop jadul. Alhasil mendapat suatu lamunan panjang, yang didalamnya terdapat sesuatu polemik. Hemss, selama ini kalau motor sport 150cc milk Honda terkenal dengan klotok-klotoknya. Apa sih kira-kira, kok bisa timbul suara semacam itu. Hingga menjadi julukan yang lumayan santer di dunia maya dan nyata, padahal kalau dibilang CB 150 R merupakan produk andalan Honda untuk menghadang sang kompetitor.

Setelah dalam lamunan panjang, mendapatkan sebuah bisikan ghaib dari sang burung malam. Kalau penyebabnya adalah “Noken AS” jadi selama ini, yang bikin suara tak nyaman adalah bagian vitalnya tersebut. Ya wajar saja kalau bisa di bilang si CB 150 R ini masih baru, kok sudah timbul suara berisik klotok-klotok. Bikin yang punya tidak nyaman, dan kebakaran jenggot juga. Kenapa Noken AS bisa menimbulkan suara begitu??

-. Noken AS CB 150 R, tidak memakai bearing.

-. Noken AS memakai Bosh.

Dibagian itulah, celah yang bikin bunyi-bunyian.
Dibagian itulah, celah yang bikin bunyi-bunyian.

Sesuai dengan sedikit gambaran diatas itulah, PB mendapat jawaban dimana kok suara klotok-klotok bisa timbul. Karena menggunakan bosh, dan bukan bearing kanan-kiri. Alhasil, Noken As ada speling yang menimbulkan goyangan kekanan-kekiri ketika mesih bergerak. Walau celah itu sekecil apapun, namanya di dalam mesin dengan ribuan putaran tinggi alhasil bunyilah timbul.

Dengan adanya begitu, sekali lagi bisikan dari burung malam. Memberikan pencerahan kepada para pengguna CB 150 R solusi yang lumayan jitu, dan sepertinya gampang sekali. Hanya saja, tetap harus bongkar mesin. Apa solusinya, sbb:

  • Kasih o-ring 0,5 mm s/d 1 mm (Dimana celah itu tadi, dibagian kanan Noken AS)
  • Bahan O-ring harus kuningan atau tembaga, karena untuk menahan panas dan gesekan.
  • Jangan asal-asalan o-ring, harus kuat dan tahan panas+gesekan. Karena Riskan Hancur, kalau berbahan baja biasa.

Ingat untuk yang mau memasang, jangan asal-asalan o-ring biasa. Karena riskan hancur, dan malah menjadikan penyakit baru. Maka dari itu, bisikan dari sang burung malam mewanti-wanti kalau harus benar-benar o-ringnya berbahan tahan panas+gesekan. Semoga postingan ini bisa memberikan solusi yang pasti untuk para penunggang CB 150 R dimana, hingga sekarang masih di hantui si Klotok-klotok. Terimakasih πŸ˜€

Pencarian Terkait:

74 Comments

  1. lama lama tembaganya habis juga itu πŸ˜†

    Menjelang dzuhur awb meninggalkan air terjun untuk sholat sekalian makan siang, selesai makan siang ternyata teman- teman pada Mau lihat candi, mampir lagi deh ke candi mendut. Karena ngantuk awb tinggal tidur dulu, di pelataran candi, sedangkan yang lain jalan jalan .

  2. punyaku dulu klaim, trus diganti baru, eh , selang hitungan minggu masih klotok juga (lagi)
    sementara itu, noken as lawas, ternyata diutak-atik sama kepala mekanik ahass, diakali
    ternyata dipress bisa, mbuh piye carane, piye itungan-e..yang jelas, sampe setahun pake nih, gak ada keluhan blas…klotok minggat, tenaga tetep jos πŸ˜‰

      • benulll…sing penting joss hasil-e πŸ˜†
        kayak-e, emang clearance antara camshaft/noken-as dan holder-nya terlalu renggang, jadi oblaknya melebihi toleransi, gitu katanya si kepmek sambil nunjukin hasil pengukuran dibandingkan sama batas toleransi di buku mekanik-nya CMIIW

  3. Menjelang dzuhur awb meninggalkan air terjun untuk sholat sekalian makan siang, selesai makan siang ternyata teman- teman pada Mau lihat candi, mampir lagi deh ke candi mendut. Karena ngantuk awb tinggal tidur dulu, di pelataran candi, sedangkan yang lain jalan jalan .

6 Trackbacks / Pingbacks

  1. Auto Notes for Sale
  2. Bali daily tour
  3. cara buat akun facebook
  4. pengalaman liburan tahun baru
  5. pinjaman kta
  6. solusi jaringan internet bermasalah

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!