Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

Noken AS, Bikin klotok-klotok

Semalam PB susah tidur, dan akhirnya berdiam diri di depan laptop jadul. Alhasil mendapat suatu lamunan panjang, yang didalamnya terdapat sesuatu polemik. Hemss, selama ini kalau motor sport 150cc milk Honda terkenal dengan klotok-klotoknya. Apa sih kira-kira, kok bisa timbul suara semacam itu. Hingga menjadi julukan yang lumayan santer di dunia maya dan nyata, padahal kalau dibilang CB 150 R merupakan produk andalan Honda untuk menghadang sang kompetitor.

Setelah dalam lamunan panjang, mendapatkan sebuah bisikan ghaib dari sang burung malam. Kalau penyebabnya adalah “Noken AS” jadi selama ini, yang bikin suara tak nyaman adalah bagian vitalnya tersebut. Ya wajar saja kalau bisa di bilang si CB 150 R ini masih baru, kok sudah timbul suara berisik klotok-klotok. Bikin yang punya tidak nyaman, dan kebakaran jenggot juga. Kenapa Noken AS bisa menimbulkan suara begitu??

-. Noken AS CB 150 R, tidak memakai bearing.

-. Noken AS memakai Bosh.

Dibagian itulah, celah yang bikin bunyi-bunyian.

Dibagian itulah, celah yang bikin bunyi-bunyian.

Sesuai dengan sedikit gambaran diatas itulah, PB mendapat jawaban dimana kok suara klotok-klotok bisa timbul. Karena menggunakan bosh, dan bukan bearing kanan-kiri. Alhasil, Noken As ada speling yang menimbulkan goyangan kekanan-kekiri ketika mesih bergerak. Walau celah itu sekecil apapun, namanya di dalam mesin dengan ribuan putaran tinggi alhasil bunyilah timbul.

Dengan adanya begitu, sekali lagi bisikan dari burung malam. Memberikan pencerahan kepada para pengguna CB 150 R solusi yang lumayan jitu, dan sepertinya gampang sekali. Hanya saja, tetap harus bongkar mesin. Apa solusinya, sbb:

  • Kasih o-ring 0,5 mm s/d 1 mm (Dimana celah itu tadi, dibagian kanan Noken AS)
  • Bahan O-ring harus kuningan atau tembaga, karena untuk menahan panas dan gesekan.
  • Jangan asal-asalan o-ring, harus kuat dan tahan panas+gesekan. Karena Riskan Hancur, kalau berbahan baja biasa.

Ingat untuk yang mau memasang, jangan asal-asalan o-ring biasa. Karena riskan hancur, dan malah menjadikan penyakit baru. Maka dari itu, bisikan dari sang burung malam mewanti-wanti kalau harus benar-benar o-ringnya berbahan tahan panas+gesekan. Semoga postingan ini bisa memberikan solusi yang pasti untuk para penunggang CB 150 R dimana, hingga sekarang masih di hantui si Klotok-klotok. Terimakasih πŸ˜€

80 Comments

Add a Comment
  1. di klaim ja lsg ..da jaminan jg gratis…

    1. Lamaaa, tapinya heheh… πŸ˜€

  2. lama lama tembaganya habis juga itu πŸ˜†

    Menjelang dzuhur awb meninggalkan air terjun untuk sholat sekalian makan siang, selesai makan siang ternyata teman- teman pada Mau lihat candi, mampir lagi deh ke candi mendut. Karena ngantuk awb tinggal tidur dulu, di pelataran candi, sedangkan yang lain jalan jalan .

    1. Wakaka, makanya dicari yang tahan gesekan mas… πŸ˜†

  3. burung malam ki sopo?burung hantu po burung gagak? :mrgreen:
    http://mumet-ndhase.com/

  4. Wakakak, Burung Hantu sepertinya…xixixixi, ditoleh ilang… :mrgreen:

    1. Wach, jangan-jangan yang membisikan sama… 😳

      1. Hahahahaha kayaknya thu wkwkwkwk

        1. Hahah, bisa aja nich…xixixixi πŸ˜†

  5. durung pernah bongkar punya.e cb150r ak..

    1. Monggo om, diBongkar….kalau aku juga gak berani, ntar bisa bongkar…nggak bisa pasang lagi, wkakkaka πŸ˜€

      1. blm bs bongkar karena blm punya..wkwkwk

        1. wakak, sama kalau gitu πŸ˜†

    1. Wakakaka, kejem amat om….diBuang :mrgreen:

  6. cb ne di dol wae ganti piksen

    1. Wakakak, Piksen juga ada masalahnya loch… #upss πŸ˜†

        1. heheh, tunggu artikel berikutnya… 😳

          1. wohhhh…sadis ini…nunggu ah…

              1. kira2 apa ya masalahnya

              2. Heheh, tunggu next article kang…yang pasti tidak mainstream πŸ˜€

              3. Bahahahhaa…
                Siaapppp…
                #jadi penasaran, penyakit gak bisa merem bisa menular nih..

              4. wakak, santai kang…xixixii πŸ˜€

              5. Disangkarnya, hehehe….keluarnya kalau malam doang πŸ˜†

              6. waduh…bisa dipastikan kalo itu burung cucak rowo…

              7. Wakak, senengange Rondo… #upsss πŸ˜†

              8. Lahhhh…. Rondo lebih berpengalaman….

              9. Janda memang lebih menggoda,mas…wakakak

              10. wakakakakkk..
                #pengalaman

  7. main aman saja..klaim ke ahass..

    1. Siepp, nice keputusan πŸ˜€

  8. Tri_Aja_Gunung_Kidul

    piye iki kok bisa brisik…

    1. Bawa’an dari Sononya πŸ˜€

  9. punyaku dulu klaim, trus diganti baru, eh , selang hitungan minggu masih klotok juga (lagi)
    sementara itu, noken as lawas, ternyata diutak-atik sama kepala mekanik ahass, diakali
    ternyata dipress bisa, mbuh piye carane, piye itungan-e..yang jelas, sampe setahun pake nih, gak ada keluhan blas…klotok minggat, tenaga tetep jos πŸ˜‰

    1. Nice info,mas. Yang pasti, ini yang tak share adalah cara mekanik AHASS namun tidak mau disebutkan namanya, hehehehe….sepertinya tidak jauh dari cara ini πŸ˜†

      1. benulll…sing penting joss hasil-e πŸ˜†
        kayak-e, emang clearance antara camshaft/noken-as dan holder-nya terlalu renggang, jadi oblaknya melebihi toleransi, gitu katanya si kepmek sambil nunjukin hasil pengukuran dibandingkan sama batas toleransi di buku mekanik-nya CMIIW

        1. Siep, kalau gitu. Sudah ketemu kan caranya, hehehe πŸ˜€ (Tapi cela’an sudah terlanjur membahana) hehe πŸ˜€

          1. kembali ke person-nya ya kang…gak semua kejadian buruk harus disikapi dengan buruk juga tho?? (padahal asline yo mangkel, jik nyar kok muni aneh πŸ˜†
            perlu sedikit sabar…katanya wong sabar pantatnya lebar :mrgreen:

            1. Wakaka, kalau lebar bikin Jok CB150R cepet rusak loch…#echh..upsss 😳

  10. ganti noken as yang pake bearing sekaligus 2 biji…

    1. Tapi yang pas apa ya, kira-kira?? Soale kakaknyapun juga pakai system bosh πŸ˜€

      1. Saya kurang tau juga,tapi mungkin bengkel modif mesin bisa bikinkan, orang kita kan paling jago soal beginian…. rocker roller arm aja yg dulu di paketkan di nmp aja bisa diterapkan dimotor lain kayak di tiger ataupun cb blar blar

        1. Kalau modif dg begitu, memang semua peluang bisa saja jadi klop. Namun sepertinya akan memakan waktu yang lama,om. Jadi ini cara simplenya saja, dg cara cepat gitu..heheh πŸ˜€

          1. Yah,kita liat kedepannya gimana itikad penyelesaiannya…intinya nama besar honda dipertaruhkan ahm dalam rentetan kasus cb150r ini

            1. Itu betul banget,om. Karena semakin kesini, kok makin muncul banyak trouble. Sekarang dudukan patah, hedeuch…riskan bener πŸ˜€

              1. Pertama kali nmp keluar juga ada masalah,tapi gak sebanyak ini..

              2. Betul, ini banyak banget. Padahal dijadikan tonggak utama penumpang motor kompetitor, kalau begini apa kata dunia πŸ˜†

              3. Gimana mau no1 jualan sport kalo ekspose media hanya melulu sisi negatifnya

              4. nah itu dia, heheh πŸ˜€

  11. g punya cibi ane gan..

    Sssstt..Kawasaki bakal launching Ninja 250 Mono RR akhir bulan. – http://wp.me/p208su-1Du

    Ninja 250 Mono RR pengganti Ninja 2tak? – http://wp.me/p208su-1DA

    Dilema Retribusi Parkir Tepi Jalan Kabupaten Blitar. – http://wp.me/p208su-1DJ

    1. Jiahhh, jemurane kok borongan gan???

  12. aneh..komstir/swing arm yg gerakannya sedikit aj pake bearing, noken as yg muter beribu rpm ga pake bearing..

    1. Nah, itu dia mas. Tujuannya apa, yang pasti hanya ATPM yang tahu πŸ˜€

  13. Lha kenapa bisa gitu? Semua motor H 150cc apa kena penyakit klotok2 semua mas? atau cuma apes aja dapet yang kurang bagus?

    1. Hampir mayoritas kena penyakit itu, kalau nggak kena. Berarti dapat motor dewa…wakakak πŸ˜€

      1. Berarti sudah jadi penyakit bawaan gitu? hehehehe

        1. Heheeh, bisa jadi iya mas… xixixi πŸ˜†

  14. klem noken as ke ahass, suara klotok tetep masih ada tapi lebih kecil & masih terdengar.

  15. Pingback: Bali daily tour
  16. Pingback: pinjaman kta
  17. Menjelang dzuhur awb meninggalkan air terjun untuk sholat sekalian makan siang, selesai makan siang ternyata teman- teman pada Mau lihat candi, mampir lagi deh ke candi mendut. Karena ngantuk awb tinggal tidur dulu, di pelataran candi, sedangkan yang lain jalan jalan .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Potret Bikers © 2017 Frontier Theme