Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

Test Ride Honda CRF 250 Rally, di bukit Jaddih – Madura ( Cukup nyaman untuk medan terjal )

Surabaya – Minggu ( 19/03/2017) kemarin PB mendapatkan undangan dari PT. MPM ( Mitra Pinasthika Mulia) selaku main dealer Honda motor R2 Jatim-NTT. Kebetulan memang tempoe hari PB sudah share detail Honda CRF 250 Rally (Klik Disini), nah..baru kali ini test ride sesungguhnya. Mengambil lokasi di bukit Jaddih – Madura, yang mana lokasi ini adalah sejatinya tempat penambangan batu kapur. Namun ada sebagaian area yang di sulap oleh panitia untuk mencoba mencicipi Honda CRF 250 Rally secara singkat, pasalnya memang yang berminat sangat banyak dan cukup membuat antrian panjang. So dari kalangan Blogger juga cuma diberi kesempatan untuk mencoba 1x putaran saja, meskipun PB nyuri start sampai 3x putaran. 😆 Yuks, apa saja yang ada pada Honda CRF 250 Rally silahkan baca sampai tuntas artikel ini 😉

Honda CRF 250 Rally (38)

Meskipun sangat terbatas area pengujian Honda CRF 250 Rally, namun cukup lengkap sudah untuk menjajal pada tanjakan maupun turunan yang cukup terjal. Bahkan ada cerita lucu, dari beberapa test rider. Ada yang sanggup naik, namun begitu melihat turunan yang cukup curam, ditengah-tengah melambaikan tangan menandakan tidak sanggup turun. Serta ada juga beberapa yang gagal naik sampai puncak, ditanjakan pertama sudah fail. Berikut ini gambaran untuk lokasi sirkuitnya 😉

Menurut PB pribadi, untuk keadaan sirkuit buatan ini memang cukup mewakili guna menjajal Honda CRF 250 Rally. Dimana kontur tanahnya adalah bebatuan padat, namun di hiasai dengan kerikil lepas yang cukup membuat spin roda Honda CRF 250 Rally. Begitu juga turunannya demikian, meskipun roda belakang Honda CRF 250 Rally sudah di rem hingga full. Namun motor tetap melaju, karena kerikil lepasnya membuat keadaan menjadi cukup licin. Pas dituruna juga dihiasi dengan genangan air, sehingga lebih keren saat digunakan pengambilan photo 😉

Honda CRF 250 Rally (12)

PB in Action diatas Honda CRF 250 Rally

Okey, PB akan mencoba membeberkan apa saja yang dirasakan saat menunggang Honda CRF 250 Rally sesuai dengan porsi dan kemampuan PB. Meskipun test ride yang hanya singkat, namun semoga tetap bisa memberikan kejelasan yang cukup bisa di mengerti 😉

  • Honda CRF 250 Rally memiliki tinggi jok 895mm, dengan di padu tubuh PB yang hanya memiliki tinggi total 168cm. Tidak ada kata sulit buat menggapai joknya, karena begitu duduk diatasnya, Honda CRF 250 Rally akan mengalami ambles yang cukup membuat kaki PB mudah menapak tanah. Meskipun tidak full, setidaknya istilah tari balet tidak ada. Karena memang PB juga sudah mempersiapkan menggunakan sepatu off road (trail) yang notabene memiliki soul lebih tinggi daripada sepatu biker on road.
  • Jok Honda CRF 250 Rally cukup empuk dan nyaman, memang cocok untuk loong ride. Tidak keras seperti motor-motor full off road, atau enduro tulen yang sudah pernah PB cicipin sebelumnya.
  • Sektor mesin cukup smooth begitu dinyalakan, suara mesinya tergolong cukup silent dan memang posisi standart. So wajar saja masih belum mengaplikasi knalpot free flow, atau semacamnya. Guna untuk mendongkrak performa biar lebih liar, karena mesin Honda CRF 250 Rally di negara aslinya sudah menggunakan peraturan euro 4. So wajar saja, kalau tenaga seperti masih tertahan. Namun secara over all Honda CRF 250 Rally memiliki mesin yang cukup pada porsinya. Terbukti saat PB gunakan melibas tanjakan yang bisa dibilang cukup tinggi, dengan menggunakan gigi 1 dan dipadu dengan permainan tarikan gas yang pas. Tidak ada istilah kedodoran atau semacamnya, cukup nyaman dan lancar menggampai puncak.
  • Untuk suspensi Honda CRF 250 Rally yang masih tetap buatan Showa, cukup membuat nyaman untuk melipas jalanan berbatu. Efek getaranya cukup teredam dengan nyaman, bisa dibilang justru cukup empuk sekali. Namun kalau buat yang tidak suka terlalu empuk, karena sering mainan high speed di medan off road. Cukup tambahin olie didalamnya saja, bisa berasa lebih keras.
  • Bagian stang kemudi, cukup nyaman dan lebarnya cukup pas untuk menaklukan power dari Honda CRF 250 Rally sehingga cukup ringan dipakai berbelok dan tidak terlalu lebar. Menjadikan terciptanya posisi riding yang cukup nyaman, sekalipun digunakan untuk berdiri saat melibas tanjakan di sirkuit yang sudah disediakan panitia ini.
  • Ban yang digunakan Honda CRF 250 Rally memiliki ukuran depan 3.00-21 51P dan belakang 120/80-18M/C 62P cukup menggigit untuk melibas route light off road seperti yang ada di bukit Jaddih – Madura kemarin. Dengan dipadu sudah mendapatkan lisensi DOT yang bisa digunakan untuk aspal, menjadikan Honda CRF 250 Rally siap diajak melalui jalanan berkombinasi off road – on road.
  • Untuk area pengereman, meskipun yang datang di Indonesia belum memiliki fasilitas ABS. Seperti yang ada pada product Global pertama tayang di EICMA tempoe hari, namun cukup mumpuni untuk menghentikan roda Honda CRF 250 Rally ketika menuruni bebatuan yang terjal kemarin.
  • Honda CRF 250 Rally memiliki bobot 155kg, dimana bisa dikategorikan cukup masuk kategori ringan di kelas motor adventure. Meskipun tampangnya Honda CRF 250 Rally sudah demikian sehingga, namun belum pure masuk kategori motor enduro tulen / full off road yang rata-rata memiliki bobot ringan-ringan.

Honda CRF 250 Rally (35)

So dengan demikian PB memberikan kesimpunal jika Honda CRF 250 Rally, adalah motor yang cukup pantas dipinang untuk para pecinta adventure. Dimana yang tak selamanya melulu melewati jalanan umum, namun jangan salah juga Honda CRF 250 Rally tidak murni untuk melibas jalur full off road. Yang biasa digunakan untuk acara busukan, karena memang Honda CRF 250 Rally tercipta untuk menduduki porsi 50:50 dalam menjalani perjalanan. 50% untuk diajak melibas jalanan semi off road, dan 50% untuk diajak melalui jalanan aspal. Dengan harga cuma Rp.63.200.000,-/OTR Surabaya, akan memberikan warna cukup menarik untuk kasanah motor adventure di Indonesia.

Over all saat ini posisi Honda CRF 250 Rally memiliki peranan penting, dalam memberikan warna-warni untuk motor petualang. Jika ingin memiliki power yang cukup signifikan, saat melibas tanjakan dan sedikit jalur yang membutuhkan power besar. Honda CRF 250 Rally cukup dipasangi knalpot free flow after market, yang tentunya memiliki lisensi bagus. Guna mendongkrak performa lebih mantab lagi. Sayangnya kemarin di lintasan yang di lewati tidak ada aspalnya, semoga kedepanya bisa ada daily use. Guna mengeksplore lebih dalam sebeberapa nyamanya saat melibas jalanan aspal, Thanks…semoga menginformasi 😉

**Jangan lupa play videonya dibawah ini & Klik SubScribe !! 😀

 

 

12 Comments

Add a Comment
  1. Ajib om.. Sy blm nyobain nih 😀

    1. Sayaj hanya kebetulan saja…

    1. Siap dilampui timelap sayah….#DitungguKabarBaiknya?

        1. Suip….ojo siap² tok ae, ndang diAwali dengan kegiatan..?

          1. properti (motor) belum dapat pinjaman kang… wkwkwkwkwk

            1. Andai aku punya harta( 2motor sport yang masih berdaya jual tinggi),pasti salah satunya tak sulap(baca dituker)dengan Trail 1bijinya…??

              1. Ura nutut… sek uwadoh kang…. wkwkwk

              2. Yo 2nd vs 2nd dong, jangan yang 2nd bs New…bisa ambrol, dompetnya..???

              3. wkwkwkwk… sek ah kapan2 wae….

              4. Lah, semakin jauh tertinggal jam terbangnya…???

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!

Potret Bikers © 2017 Frontier Theme
%d blogger menyukai ini: