Motor Susah di Starter, ini penyebabnya dari penjelasan Yamaha STSJ

Diposting pada

OtoBeken – Ini tips untuk semua Kawan-kawan yang mungkin saja kendaraanya mengalami hal persis judul tertera, so Sebagai pengendara roda dua, pasti pernah merasa jengkel akibat stater tangan atau electric starter yang tidak berfungsi dengan baik. Permasalahan ini pasti cukup mengganggu pengendara, karena mengurangi kepraktisan untuk menyalakan kendaraan jadi berkurang.

β€œ Umumnya sekarang semua motor sudah menerapkan electric starter di masing-masing kendaraannya. Soalnya lebih mudah, hanya menekan tombol starter mesin, sudah hidup dan bisa kendarai. Tapi, ada saatnya electric stater ini bermasalah, bisa jadi dipicu karena beberapa hal. beberapa penyebab stater tidak mau berfungsi karena accu motor yang lemah. Kondisi accu yang soak bisa jadi pemicu starter tidak berfungsi. Umumnya kondisi accu yang baik seharusnya 12,4 volt. Ketika di stater, tegangan accu akan berada di angka 12 volt. Jika kurang dari 10 volt, maka kondisi accu mulai ngedrop. Hal ini dapat ditandai dengan suara klakson yang tidak lagi kencang, dan lampu sen yang kurang terang. ” ungkap Ilham Wahyudi, selaku General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

  • Kondisi dinamo starter juga dapat mempengaruhi kerja dari electric starter. Walaupun tergolong cukup langka, kerusakan pada dinamo starter bisaΒ  disebabkan oleh arang kumparannya (brush) aus atau gosong karena gesekan dengan komutator. Kerusakan pada dinamo dapat diketahuiΒ  jika kita tekan switch starter dan ada bunyi klik tetapi dinamo starter berputar kurang maksimal atau tidak berputar sama sekali maka bisa di curigai kerusakan dibagian komponen ini.
  • Permasalahan lainnya bisa terletak pada kabel stater. Koneksi yang tidak sempurna juga bisa mengganggu rangkaian electric starter. Sekring yang berfungsi untuk mengamankan arus listrik pada komponen elektronik di sepeda motor. Umumnya sekring memiliki ukuran 20 ampere. Jika arus yang diterima lebih besar, maka kawat sekring bisa putus untuk mengamankan rangkaian kelistrikan supaya tidak terjadi kerusakan pada komponen elektronik.
  • Pada electric starter juga dibutuhkan saklar atau yang biasa disebut dengan switch starter yang berfungsi untuk memutus dan menyambungkan arus listrik. Layak nya sepeda motor pada umumnya, switch starter juga bisa tidak berfungsi dengan baik.

Nah, itulah beberapa penyeban terjadinya fator susah di starter. Jadi jika Kawan-kawan memang memiliki basicly sebagai mekanik/ngerti mesin. Silahkan di chek sendiri dan dibenahi sendiri, namun jika Kawan-kawan just user only untuk kendaraan. So wajib dibawa ke Bengkel Resmi terdekat,kawan!! Thanks πŸ˜€

Tinggalkan Komentarnya,kawan!!